Tips Dapur, Cara Terbaik Menata Area Penyimpanan di Ruang Dapur

Menata ruang dapur agar nyaman dan bersih memang bukanlah hal yang bisa dibilang gampang. Dapur adalah ruang yang menampung banyak barang, mulai dari bahan makanan hingga alat makan dan juga peralatan memasak. Untuk menyimpannya tentu dibutuhkan ruang atau area khusus sebagai penyimpanan. Diperlukan juga penempatan kategori peralatan yang bisa jadi dalam beberapa hal bakalan cukup membingungkan. Terlebih bagi Anda yang memiliki ukuran dapur yang tidak luas.

Meski dengan ukuran dapur yang mungil dan terbatas, Anda tentu saja dapat memiliki ruang dapur yang tertata rapi. Ukuran dapur mini tidak menghalangi Anda untuk menghadirkan desain dapur yang rapi dan nyaman. Anda dapat memanfaatkan beberapa benda yang dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan atau storage di dapur mungil Anda.

Buku berjudul Time – Saver Standard for Interior Design and Space Planning menyebutkan, diperlukan tiga jenis benda memerlukan penyimpanan di dapur. Pertama adalah bahan makanan dan peralatan memasak, ke dua adalah benda yang digunakan selain peralatan memasak. Ke tiga adalah benda-benda yang digunakan hanya pada waktu tertentu, seperti stoples kue.

Manfaatkan Lemari & Pintu

Gunakanlah sebuah lemari yang memiliki banyak ruang penyimpanan. Hal ini akan menyenangkan bagi Anda yang memiliki hobi memasak. Sebab setiap rak dapat difungsikan untuk meletakkan bahan dan peralatan dapur.

Kabinet di Bawah Meja

Dapatkan ruang yang luas dan mutifungsi dengan memanfaatkan kabin besar yang berada di bawah meja. Anda dapat menyimpan bahan makanan dan bumbu di kabin tersebut. Kreasikanlah kabin dengan menerapkan rak yang dapat diputar. Penggunaan rak yang diputar akan memberikan ruang lebih pada penyimpanan serta mempermudah Anda mengambil barang yang diinginkan. Bagian bawah kompor juga bisa dibuat kabin untuk menyimpan berbagai macam bumbu atau tepung.

Selain di bawah meja, Anda juga dapat membuat kabin di bawah bak cuci piring. Buatlah tempat penyimpanan dengan memanfaatkan dan memaksimalkan ruang kosong di bawah bak cuci. Buatlah rak-rak yang sesuai dengan bagian dalam dan ukuran ruang tersebut. Anda bisa meletakkan alat pencuci dan sabun pencuci piring di dalamnya.

Memanfaatkan Laci

Manfaatkan laci yang sudah ada dengan menambahkan sekat-sekat untuk menyimpan perabotan seperti piring, sendok, talenan dll.

Laci dengan bentuk vertikal ini juga bisa di manfaatkan untuk menyimpan botol bumbu-bumbu

Penggunaan Rak

Usai mencuci piring dan gelas cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah menempatkannya dalam rak. Peralatan makan yang masih basah tersebut akan cepat kering dengan sendirinya oleh angin dan tetesannya yang jatuh. Dengan desain ini Anda tidak perlu mengelap peralatan dan hanya memerlukan menggantung peralatan makan dan menyusunnya di atas bak pencucian.

Sumber: https://interiordesign.id/dekorasi-storage-dapur/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp